Fakultas Teknologi Kedirgantaraan – Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENENGAH KEJURUAN PENERBANGAN 

TENTANG AERONAUTICS SCIENCE

MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN LOW COST MINI WIND TUNNEL

OLEH FAKULTAS TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN UNSURYA 

Ilmu penerbangan (Aeronautics Engineering) adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sering dianggap terlalu tinggi dan sulit dipahami. Kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA) IPA dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan, pada Mata Pelajaran Fisika sudah memasukkan sebagian kecil dasar ilmu Aeronautika khususnya Dinamika Fluida. Salah satu materi yang disebutkan dalam buku Fisika adalah hukum Bernoulli (materi kelas XI) yang menjadi salah satu dasar dari ilmu Aerodinamika di Teknik Penerbangan. Salah satu kendala dalam mempelajari Dinamika Fluida adalah penggambaran yang sulit dan alat peraga yang jarang ada. Salah satu alat peraga yang sesuai dan juga digunakan di dunia penerbangan adalah wind tunnel. Wind tunnel yang digunakan pada kurikulum Teknik Penerbangan untuk perguruan tinggi mahal dan memerlukan ruangan besar sehingga tidak sesuai untuk alat peraga Dinamika Fluida tingkat SMA dan SMK. Penggunaan wind tunnel berukuran lebih kecil (mini) diharapkan dapat menjadi alat peraga untuk mata pelajaran Fisika. Dengan biaya lebih murah dan ukuran lebih kecil, praktikum Dinamika Fluida dapat dilakukan. Mini wind tunnel yang dibuat selain ukurannya lebih kecil, juga dapat dibongkar pasang, sehingga mudah dipindahkan dan dapat digunakan sebagai alat peraga untuk siswa SMA dan SMK secara bergiliran. Pendampingan pembuatan mini wind tunnel oleh siswa ini dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh SMA dan SMK bidang Penerbangan, seperti miskonsepsi konsep Dinamika Fluida. Mini wind tunnel juga dapat digunakan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan dengan materi yang lebih dalam agar lebih meningkatkan minat untuk meneruskan ke program studi Teknik Penerbangan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Fakultas Teknologi Kedirgantaraan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke SMK Angkasa 01 Halim Perdanakusuma. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 20 Juni 2022, dengan tema “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENENGAH KEJURUAN PENERBANGAN TENTANG AERONAUTICS SCIENCE MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN LOW COST MINI WIND TUNNEL”

Gambar.1 Foto Bersama Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ke SMK Angkasa 01 Halim Perdana Kusuma 

Kegiatan ini dibagi dalam 2 (sesi) utama yaitu pengenalan materi mengenai mini wind tunnel yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2022 dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X dan XI SMK Angkasa 01 Halim Perdanakusuma dari semua jurusan seperti jurusan Airframe Powerplant (AFP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), dan jurusan Perhotelan. Pemaparan materi mengenai Wind Tunnel disampaikan oleh Bapak Amat Chaeroni, ST, MT yaitu Dosen Teknik Penerbangan dan Aeronautika Fakultas Teknologi Kedirgantaraan Unsurya, dilanjutkan dengan demo mini wind tunnel oleh mahasiswa-mahasiswa Teknik Penerbangan. Demo mini wind tunnel yang dibuat oleh mahasiswa/I FTK diharapkan memberikan gambaran kepada siswa/i SMK Angkasa 1 Halim Perdanakusuma tentang bagaimana cara wind tunnel bekerja, apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan mini wind tunnel tersebut, dan bagaimana efek aliran udara yang terjadi ketika mengenai airfoil dapat terlihat, sehingga siswa/I SMK Angkasa 1 Halim Perdanakusuma, lebih memahami lagi tentang sistem kerja wind tunnel. Pada sesi ini ditambahkan juga pengenalan Prodi Teknik Penerbangan dan Teknik Aeronautika Unsurya yang disampaikan oleh Bapak Mufti Arifin, ST, MT.

Gambar.2 Pemaparan Materi dan Demo Mini Wind Tunnel

Sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 20 Juni 2022, yaitu pembuatan mini wind tunnel oleh siswa-siswi SMK Angkasa 01 Halim Perdanakusuma khusus 1 tim yang terdiri 10 siswa kelas XI jurusan Airframe and Powerplant (AFP) yang dipandu langsung oleh Tim PKM dari FTK Unsurya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari di hangar SMK Angkasa 1 Halim Perdanakusuma. Dalam pembuatan mini wind tunnel, siswa/I SMK Angkasa 01 Halim Perdanakusuma dapat mengembangkan mengembangkan Mini Wind Tunnel yang dibuat dengan material yang akan di uji di Mini Wind Tunnel tersebut, seperti airfoil dan mobil-mobilan.

Gambar.3 Pembuatan Mini Wind Tunnel oleh siswa-siswi SMK Angkasa 01 Halim Perdana Kusuma

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.