Pengenalan Dunia Kedirgantaraan Kepada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sebagai Landasan Program: Next Generation Aviation Professional

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknologi
Kedirgantaraan (FTK) merupakan perwujudan tanggung jawab dan loyalitas dalam
melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mitra kegiatan PKM yang dilakukan merupakan SMKN 08 Bekasi yang dua tahun belakangan telah membuka program Airframe Powerplant. Oleh karena itu sangat tepat sekali kalau FTK berperan sebagai tempat memberikan informasi, masukan dan saran agar segala bentuk hal yang terkait dengan kurikulum pendidikan baik teori dan praktek dapat didiskusikan ataupun dikolaborasikan. Selain itu informasi tentang perkembangan dunia penerbangan juga dapat disharing dengan adik-adik SMKN 08 Bekasi. Adapun tema-tema yang dibawakan oleh Dosen FTK untuk adik-adik SMKN 08 Bekasi adalah :

1. Pengenalan Dunia Kedirgantaraan Melalui Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
2. Memenuhi Kapasitas dan Kapabilitas Teknik Pesawat Udara di Indonesia
3. Praktek Pembekalan Dasar Teknisi PerawatanPesawat Udara
4. Pengantar Ilmu Teknik Penerbangan

Adapun tema pertama dibawakan oleh Bismil Rabeta, ST, MT selaku Ketua Program Studi Teknik Aeronautika pada tanggal 13 Desember 2019 di ruangan kelas serbaguna SMKN 08 Bekasi. Dalam presentasinya dikenalkan profile dari Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) selain itu juga diperkenalkan prodi Diploma tiga Teknik Aeronautika beserta dengan program khusus AMTO dan Program Sarjana S1 Teknik Penerbangan serta kegiatan-kegiatan di Unsurya termasuk kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hal lainnya yaitu kiprah lulusan yang telah bekerja di perusahaan multinasional seperti PT.GMF Aeroasia (Garuda Maintenance Facility Aeroasia), PT. Lion Air dan PT. BAT (Batam Aero Technic) dan tidak kalah pentingnya yaitu informasi mengenai masa depan dan jenjang karir didunia penerbangan kedepan untuk adik-adik SMKN 08 Bekasi dijabarkan dengan detail dan komprehensif.

Untuk tema kedua dibawakan oleh Tri Susilo, ST, MT selaku dosen tetap Teknik Aeronautika pada tanggal 14 Desember 2019 yang menjelaskan mengenai pertumbuhan dan perkembangan dunia Industri saat ini yang tidak lepas dari kebutuhan sumber daya manusia. Sebagai contoh yaitu peningkatan jumlah penumpang yang diikuti dengan peningkatan jumlah lalu lintas udara yang berimbas pada kemampuan airport (bandar udara) dan fleet (armada) yang tersedia untuk menampung jumlah penumpang yang meningkat tersebut. Belum lagi peningkatan tersebut juga akan berimbas kepada pabrik pembuat pesawat terbang dan pembuat engine pesawat serta komponen-komponennya, sehingga kehadiran dari teknisiteknisi perawatan pesawat masa depan sangat dibutuhkan oleh MRO (Maintenance Repair
dan Overhaul) baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu yang tidak kalah penting untuk peningkatan kompetensi diri seorang teknisi maka dari dini perlu ditingkatkan dalam hal kehandalan komunikasi berbahasa inggris dengan minimum TOEFL 450 (tahun 2019). Luar biasa sekali pencerahan dari Pak Tri Susilo untuk adik-adik SMKN 08 Bekasi.

Untuk tema ketiga dilakukan oleh tim Instruktur Unsurya yang diawaki oleh Dendra Bradikta, Anday Sukendar dan Duddy Abdurrahman. Praktek dilaksanakan di Workshop Unsurya pada tanggal 15 Desember 2019. Sebelum praktek dilakukan, maka terlebih dahulu dilakukan briefing sambil menikmati snack makan pagi yang telah disediakan. Kegiatan praktek merupakan hardskill yang harus dimiliki oleh seorang teknisi perawatan pesawat terbang yaitu locking wire dan cotter pin dimana kegiatan ini sangat seringkali dijumpai dalam perawatan pesawat terbang, baik saat memasang komponen maupun pada saat pelepasan komponen pesawat terbang. Kegiatan dilanjutkan dengan visit ke pesawat terbang, dimana para instruktur menjelaskan mengenai komponen utama pesawat terbang dan komponen mesin turbin gas yang ada dipesawat CASA 212-100 dan Marchetti SF-260.

Untuk tema keempat dibawakan oleh Dosen tetap Teknik Aeronautika yaitu Mufti Arifin, ST,MT pada tanggal 18 Desember 2019 di ruang serbaguna SMKN 08 Bekasi. Beliau menjelaskan mengenai orang-orang yang terkait dalam sistem transportasi udara secara detail dan komprehensif berikut dengan tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu dalam presentasinya juga dijelaskan mengenai pertumbuhan pesawat terbang dan juga perkembangan teknologi dalam pesawat terbang yang dilihat dari segi material, teknologi avionik serta endurance capability. Hal lain yang tidak kalah penting, penjelasan mengenai konsep maintenance dan alur proses jika terjadi defect atau kerusakan pesawat dijelaskan secara detil dalam presentasinya. Terimakasih atas pencerahannya Pak Mufti Arifin.

 

By : Bismil Rabeta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.