Program Studi Teknik Penerbangan Tahun 2021 – Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM YANG BERBASIS KKNI, OBE DAN MENDUKUNG MBKM

PROGRAM STUDI TEKNIK PENERBANGAN TAHUN 2021 

 

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam menyiapkan lulusannya agar menjadi lulusan yang unggul dan mampu bersaing di dunia kerja. Untuk dapat menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing di dunia kerja tentunya kurikulum harus diselaraskan dengan kebutuhan dunia kerja itu sendiri. Oleh sebab itu kurikulum harus disusun sedemikian rupa dan ditinjau secara berkala untuk menjamin proses pembelajaran dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Mengingat pentingnya fungsi kurikulum dalam proses pembelajaran maka perlu diselenggarakan “Workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)” untuk para Dosen di lingkungan Program Studi Teknik Penerbangan yang merupakan suatu tindak lanjut dalam rangkaian kegiatan penyusunan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Outcame Based Education (OBE) yang dapat memfasilitasi kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan Permendikbud No.3 tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh Unsurya pada tanggal 29 September 2021 yang diikuti dan dihadiri oleh para Kaprodi di lingkungan Unsurya termasuk Prodi Teknik Penerbangan.

Pentingnya penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah agar Dosen dalam mengajar mempunyai acuan yaitu “mahasiswa bisa apa setelah mengikuti mata kuliah A (misalnya)”. Dalam Bimtek ini materi yang dibahas terutama adalah diskusi terkait dengan penyusunan sintaks/kalimat dalam CPL, CPMK dan Sub CPMK karena adanya tuntutan Higher Order Thinking (HOT) dan Penerapan CBL dan PjBL di perguruan tinggi.

Gambar 1. Pembukaan oleh Wakil Dekan I FTK (Aprilia Sakti K., S.Si., M.Si)
Gambar 2. Paparan Narasumber oleh Pakar Pendidikan (Dr. Achmad Ridwan, M.Si.)

Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 18 Desember 2021 dan dihadiri oleh para dosen di lingkungan program studi Teknik Penerbangan secara daring dan luring. Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan I FTK Ibu Aprilia Sakti K., S.Si., M.Si., kemudian diisi oleh Nara Sumber pakar Pendidikan yaitu Dr. Achmad Ridwan, M.Si. dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama 2 jam, dilanjutkan sesi panduan teknis pengisian RPS dalam format yang sudah disediakan oleh Prodi TP.

Gambar 3. Kegiatan Acara Bimbingan Teknis Penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
Gambar 4. Foto Bersama (Daring dan Luring)

Leave a Reply

Your email address will not be published.