Webinar – Safety Management System (SMS) Awareness Training – Fakultas Teknologi Kedirgantaraan

Fakultas Teknologi Kedirgantaraan (FTK) yang bekerjasama dengan Indonesia Aircraft Maintenance Service Association (IAMSA) telah mengadakan Webinar Safety Management System (SMS) Awareness Training. Safety Management System (SMS) Awareness Training merupakan suatu pembelajaraan dimana dirancang untuk mengelola unsur-unsur keselamatan di tempat bekerja khususnya dibidang penerbangan atau aviation. Safety Management System ini dengan pembicara yaitu bapak Fuad Abdullah selaku Training Instructor yang memberikan penjelasan mengenai Safety Management System Awareness Training dan setelah diberi penjelasan diakhir sesi, para peserta akan diberi soal atau evaluasi tes untuk mengukur seberapa pahamnya para peserta setelah diberikan penjelasan mengenai Safety Management System ini. Setelah pembelajaraan ini selesai, para peserta akan diberikan sertifikat yang menandakan bahwa peserta tersebut telah mengikuti Webinar Safety Management System Awareness Training. Pembelajaran ini juga bersifat wajib karena nantinya sertifikat tersebut akan digunakan untuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Safety Management System ini sangat penting karena nanti di dalam dunia pekerjaan selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan bagi diri sendiri maupun orang lain. Menurut Kementrian Perhubungan dalam pidato pembukaan Pengenalan dan Kursus Safety Management System (SMS) ICAO GMF Aero Asia untuk Manajemen Puncak di Ruang Mahogani, Hotel Imperial Arya Duta, Lippo Karawaci Tangerang pada Senin, 5 Mei 2008, bahwa SMS merupakan pendekatan sistematis dalam menangani keselamatan yang meliputi struktur organisasional, akuntabilitas, kebijakan dan proses. Maka dari itu, pembelajaraan ini sangat penting mengingat dunia penerbangan merupakan dunia pekerjaan yang sangat aman dengan safety yang tinggi.

Gambar 1. Evaluasi Tes Setelah Pembelajaran

 

Pembelajaraan Safety Management System sendiri ini dilaksanakan secara daring atau virtual online zoom meeting, mengingat pelaksaan pada tanggal 17 Februari 2021 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Pembelajaraan ini juga melibatkan para staff FTK dan staff IAMSA sebagai operator dan MC. Peserta yang mengikuti pembelajaraan ini berasal dari Teknik Penerbangan 2018 dan Teknik Aeronautika 2019 dengan jumlah peserta kurang lebih 74 orang. Para peserta mengikuti dengan sungguh sungguh karena pembelajaraan ini sangat penting untuk masuk ke dunia pekerjaan nanti.

Pak Fuad Abdullah selaku training instructor menjelaskan bahwa Safety Manajement System ini sangat penting agar terjadinya kesalahan di dunia pekerjaan nanti akan menjadi minim dan jarang terjadinya kesalahan karena human factor. Beliau juga menjelaskan bahwa pembelajaraan ini nantinya akan terus terpakai di dunia pekerjaan manapun dan tidak hanya di dunia penerbangan saja.

Gambar 2. Peserta Webinar Safety Management System (1)

Gambar 3. Peserta Webinar Safety Management System (2)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.