Yudisium Fakultas Teknologi Kedirgantaraan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 – Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

👩🏻‍🎓 YUDISIUM FAKULTAS TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN 👨🏻‍🎓
🎓 SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021 🎓 

Fakultas Teknologi Kedirgantaraan mengadakan yudisium yang dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021. Proses tersebut dilaksansakan di Aula Hercules Kampus A,  Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Fakultas Teknologi Kedirgantaraan dapat menggelar yudisium secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum dilaksanakan Wisuda, umumnya dilaksanakan yudisium terlebih dahulu di tingkat Fakultas. Wisuda adalah tanda pengukuhan telah selesainya studi di program studi yang diambil, sementara Yudisium adalah penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa di Fakultas tersebut.

Gambar 1. Peserta Yudisium FTK Semester Genap T.A. 2020/2021

Terlihat kebahagiaan sangat terpancar yang dirasakan oleh para peserta Yudisium FTK setelah menjalani seluruh rangkaian acara yudisium. Setelah dibacakan surat keputusan Dekan, para peserta seperti dibebas tugaskan dari perkuliahan yang mengikat para peserta setiap hari.

Acara yudisium yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Kedirgantaraan yang dihadiri oleh Dekan FTK yaitu Bapak Ir. Freddy Franciscus,M.M., Wakil Dekan I yaitu Ibu Aprilia Sakti K, S.Si,M.Si., Kaprodi Teknik Penerbangan yaitu Ibu Endah Yuniarti, S.Si,M.Sc., Kaprodi Teknik Aeronautika yaitu Bapak Bismil Rabeta, S.T,M.T., Sekretaris Program Studi Teknik Penerbangan yaitu Bapak Mufti Arifin, S.T,M.T., para dosen, para instruktur dan para peserta yudisium dari Teknik Penerbangan maupun Tenik Aeronautika.

Total dari keseluruhan lulusan peserta yang mengikuti yudisium adalah 69 peserta terdiri dari 49 mahasiswa Teknik Penerbangan dan 20 mahasiswa Teknik Aeronautika. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknologi Kedirgantaraan berpesan bahwa lulusan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma harus menjadi lulusan yang cepat dan dapat beradaptasi dengan kemajuan di era industri kedepannya. Di era industri 4.0 yaitu pemanfaatan internet, cloud, dan big data untuk otomasi kegiatan dan pelayanan. Maka akan segara kita hadapi era industri 5.0 yaitu kebangkitan SOCIETY / masyarakat, teknologi, dan data dengan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis, dan kreatif. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dari era industri 4.0 untuk menyongsong era industri 5.0, antara lain : Menguasai knowledge dasar atau khusus ilmu teknik penerbangan, menguasai teknologi, menguasai 1-2 bahasa asing, perbanyak relasi, personal branding, serta attitude yang baik dan professional.

Gambar 2. Special Performance FTK

 

Pada yudisium ini juga dipaparkan hasil penelitian beberapa mahasiswa dari Teknik Penerbangan dan Teknik Aeronautika, yaitu  : Arie Dwi Arjuna Nababan, S.T., Jodia Victory Rumagit, S.T., Diaz Septian, S.T. dan Naufal Daryansyah, A.Md. Sambutan wakil lulusan yaitu Agung Laksono, S.T. dan special performance oleh Indirwan Alex dari Teknik Penerbangan angkatan 2017, Arista Yudha Saragih dari Teknik Penerbangan Angkatan 2019 dan Fernando F Rotty dari Alumni Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.

Gambar 3. Teknik Penerbangan Angkatan 2013, 2014, 2015, 2016 dan extensi 2019

Gambar 4. Teknik Penerbangan Angkatan 2017

Gambar 5. Teknik Aeronautika Angkatan 2018

Selamat kepada para peserta yudisium program studi Teknik Penerbangan dan program studi Teknik Aeronautika yang telah dinyatakan lulus oleh Dekan Fakultas Teknologi Kedirgantaraan. Semoga mahasiswa dan mahasiswi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma khususnya Teknik Perbangan dan Teknik Aeronautika dapat bersaing dalam bidang akademik, pekerjaan hingga hal lainnya dengan Universitas lain di dunia industri dan masyarakat. Semoga apa yang di cita-citakan oleh para peserta yudisium hari ini dapat tercapai sesuai dengan keinginannya dan selalu diberi kebahagian.

Gambar 6. Foto Bersama Dekan FTK, Wadek I FTK, Kaprodi Teknik Aeronautika, para Dosen & Instruktur, serta para peserta yudisium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *